HEBATNYA JARINGAN 5G

HEBATNYA JARINGAN 5G - Di era modern sekarang ini kemajuan teknologi semakin pesat dan canggih. Pada zaman ini juga kita dituntut untuk serba cepat dalam berbagai hal. Karena itu kita membutuhkan teknologi dan jaringan yang tepat pula.

Dari tahun ke tahun beragam inovasi baru diciptakan guna memudahkan pekerjaan kita. Salah satu inovasi terbaru dalam dunia teknologi modern yaitu jaringan internet 5G. Teknologi jaringan internet yang lebih cepat ini kabarnya akan segera diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang. Dengan teknologi 5G ini konon katanya, kecepatan dalam mengakses internet akan lebih cepat daripada teknologi jaringan internet yang sebelumnya.

Karena itu, artikel kali ini akan membahas tentang teknologi jaringan internet 5G ini. Artkel ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai teknologi canggih yang akan segera di luncurkan ini. Langsung simak pembahasannya di bawah ini. Selamat membaca..

Teknologi 5G


Teknologi 5G merupakan perkembangan lebih lanjut dari teknologi jaringan internet sebelumnya yakni jaringan internet 4G dan 3G. Teknologi terbaru ini dirancang untuk menyeimbangkan performa kerja yang semakin cepat pada masa mendatang.  

 

Teknologi terbaru ini akan bekerja mengirimkan datanya lewat gelombang radio. Kemudian, gelombang radio tersebut akan terpecah menjadi beberapa frekuensi yang berbeda satu dan lainnya. Setiap frekuensi inilah yang nantinya dipersiapkan untuk beragam tipe komunikasi seperti sinyal navigasi atau aeronautical, siaran televisi, serta mobile data.  

Teknologi 5G ini dirancang agar memiliki kecepatan unduh maksimal sebesar 27,5 gigabita per detik (gbps). Teknologi terbaru ini dinilai puluhan kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan teknologi 4G saat ini yaitu 100 megabita per detik (mbps). Tentunya hal ini akan menguntungkan bagi sebagian besar industri yang memerlukan jaringan sangat cepat untuk menunjang pekerjaan mereka.

Keuntungan Teknologi 5G


Selain kecepatan dalam mengakses internet semakin bertambah, ada juga keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari teknologi 5G ini. Inilah beberapa keuntungan lain dengan menggunakan teknologi jaringan internet 5G :

  • Menyediakan konektivitas yang cepat dan lancar


Membuka website, mengunduh dokumen, dan beragam kegiatan lainnya sering kali memerlukan waktu yang cukup lama. Tidak jarang setelah menunggu terlalu lama, proses tersebut malah gagal dilakukan. Dengan adanya teknologi 5G ini, konektivitas akan dibuat semakin cepat dan lancar. Sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengakses internet.

  • Lebih efisien


Tentunya teknologi 5G ini dinilai akan lebih efisien. Karena, teknologi jaringan 5G ini akan lebih cepat di bandingkan dengan teknologi jaringan internet sebelumnya. Dapat dipastikan kita bisa menghemat lebih banyak waktu.

  • Mendeteksi sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat


Dengan jaringan yang semakin cepat, pasti kita bisa mendeteksi sesuatu dengan lebih cepat pula misalnya saja untuk mendeteksi bencana alam. Hal ini bisa membantu sebagian banyak orang bersiap-siap menghadapinya dan juga meminimalisir korban jiwa.

 

  • Memungkinkan penurunan tingkat kejahatan


Teknologi 5G ini dipersiapkan agar nantinya bisa digunakan untuk melihat berbagai macam situasi dan kondisi dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga, segala tindakan kejahatan dan kriminal dapat dengan mudah dan cepat diatasi.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang teknologi jaringan internet 5G. Sayangnya, teknologi jaringan internet 5G ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Penelitian ini dikabarkan akan selesai dalam beberapa tahun ke depan. Wah….nampaknya kita harus bersabar sedikit lagi untuk bisa ikut menikmati teknologi canggih ini.  

Semoga bermanfaat

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel