FITUR FACE ID PADA SMARTPHONE

FITUR FACE ID PADA SMARTPHONETeknologi semkin berkembang pesat belakangan ini. Ponsel pintar atau yang lebih dikenal dengan smartphone ini merupakan salah satu teknologi yang berkembang cukup pesat. Setelah adanya teknologi fingerprint, sekarang muncul teknologi terbaru. Teknologi ini dinamakan Face ID.

Teknologi Face ID ini memang masih cukup jarang digunakan karena belum banyak smartphone yang memiliki fitur Face ID ini. Fitur Face ID ini dinilai cukup membantu berkat keakuratan dan keamanannya. Fenomena ini menimbulkan beragam pertanyaan di kalangan masyarakat. Mulai dari keamanan, kemudahan, keuntungan, cara kerja dan masih banyak yang lainnya. Nah….di bawah ini akan dibahas tentang seluk beluk Face ID. Langsung simak ulasannya berikut ini.

[caption id="" align="alignnone" width="670"]cara pasang face unlock di xiaomi Image : merdeka.com[/caption]

Pengertian Face ID


Serupa dengan sensor fingerprint, Face ID merupakan sebuah teknologi pengamanan biometric. Sesuai dengan namanya, Face ID menggunakan sensor pendeteksi wajah.

Face ID akan bekerja dengan cara membandingkan model matematis dari wajah pengguna dengan data yang sudah terdaftar sebelumnya. Data model matematis  ini tersimpan dalam perangkat khusus dalam smartphone yaitu Secure Enclave.

Cara kerja Face ID


Smartphone yang memiliki fitur Face ID pasti ada sebuah teknologi TrueDepth kamera di dalamnya. Teknologi TrueDepth kamera terdiri dari berbagai macam komponen sensor untuk memastikan keaslian wajah pengguna smartphone yang di scan. Komponen sensor TrueDepth terdiri dari : 7PM camera, Infrared camera, Flood illuminator, frony camera dot projector (30K dots), Proximity sensor, Ambient light sensor, serta Speaker Microphone. Kemudian, TrueDepth kamera akan memindai dan memetakannya menjadi model matematis.

Setelah mengetahui tentang apa itu Face Id dan cara kerjanya, kini akan di bahas mengenai manfaat dari teknologi canggih yang satu ini. Berikut akan di bahas berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan dari fitur Face ID ini.

Keuntungan fitur Face ID



  • Keamanan data terjamin


Face ID tidak hanya sekedar memindai wajah saja, tapi fitur yang satu ini tetap membutuhkan kode akses. Kode akses ini digunakan sebagai sandi awal. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa keamanan data dalam smartphone terjaga berkat adanya pengamanan ganda.

Perlu diingat bahwa data yang terdaftar pada teknologi Face ID ini hanya terekam pada smartphone penggunanya saja. Jadi, tidak perlu takut dan khawatir data akan tersebar dan di salahgunakan.

  • Tidak mudah membobol Face ID


Berbeda dengan fitur fingerprint yang bisa dibobol, teknologi Face ID tidak mudah dibobol.  Ini karena smartphone yang memiliki fitur Face ID pasti memiliki teknologi kamera TrueDepth.

Kamera TrueDepth digunakan untuk menganalisa dan memetakan wajah pengguna smartphone yang tepat. Oleh karena itu, topeng maupun foto tidak bisa digunakan untuk membuka kunci smartphone.

Selain itu, mata harus dalam keadaan terbuka dan menatap kamera saat menggunakan fitur Face ID. Jika tidak, maka dapat dipastikan Anda akan gagal membuka kunci smartphone dengan fitur Face ID ini.

  • Fitur yang sangat akurat dan membantu


Teknologi TrueDepth ini disertai dengan sensor inframerah. Teknologi ini dinilai memiliki keakuratan yang tinggi dalam mengenal Face ID. Selain itu, saat pemindaian wajah mata harus dalam keadaan terbuka dan menatap kamera. Hal ini semakin menambah keakuratan teknologi Face ID.

Nah… Itulah tadi berbagai macam pembahasan tentang seluk beluk teknologi Face ID yang cukup fenomenal belakangan ini. Harapannya teknologi Face ID semakin mempermudah pekerjaan kita kedepannya. Jadi, sudah siapkah Anda tampil makin berkelas dengan smartphone berfitur Face ID ?

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel